Analisis pengaruh product-related factors, personal Innovativeness, trust, dan attractiveness of alternatives terhadap intensi untuk mengadopsi nfc mobile payment tcash tap: telaah pada pengguna operator telekomunikasi telkomsel

Zacharias, Daniel Aristo (2016) Analisis pengaruh product-related factors, personal Innovativeness, trust, dan attractiveness of alternatives terhadap intensi untuk mengadopsi nfc mobile payment tcash tap: telaah pada pengguna operator telekomunikasi telkomsel. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (929kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Evolusi akan perkembangan teknologi mobile dan peningkatan akan pengguna smartphone membuka kesempatan yang besar bagi para perusahaan inovatif untuk menciptakan metode baru solusi pembayaran non-tunai kepada para konsumennya. Ernst & Young, lembaga Riset Stratejik Amerika, mengungkapkan bahwa mobile payment diperkirakan akan mencapai 450 juta pengguna pada tahun 2017. Sedangkan IDC (International Data Center) (2015) memprediksi mobile payment secara global akan mencapai value senilai 1 trillion USD di tahun 2017. Akan tetapi, ditengah trend mobile payment secara global, masyarakat Indonesia masih membutuhkan edukasi dan usaha pemasaran lebih lanjut untuk bisa meningkatkan jumlah pengguna mobile payment di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas faktor–faktor apa saja yang mempengaruhi intention to adopt NFC mobile payment, yang mencakup product related factors, personal innovativeness, attractiveness of alternatives, dan trust pada produk NFC mobile payment Telkomsel TCASH TAP. Penelitian ini menggunakan desain riset deskriptif dengan metode non-probability sampling dengan teknik judgemental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner pada responden sebanyak 220 responden yang merupakan pelanggan pelanggan Telkomsel yang sudah pernah mendengar dan paham mengenai produk layanan TCASH TAP sebelumnya. Data kemudian diolah menggunakan structural equation modelling. Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa terdapat hubungan positif antara perceived usefullness, perceived ease of use, compatibility, additional value, trust, dan personal innovativeness dengan intention to adopt NFC mobile payment. Hubungan negatif antara attractiveness of alternatives dengan intention to adopt NFC mobile payment juga dibuktikan dalam penelitian ini. Namun, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara perceived cost dengan intention to adopt NFC mobile payment.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 May 2019 02:46
Last Modified: 02 May 2023 07:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item View Item