Analisis pengaruh perceived usefulness, perceived price, personal motivation, self efficacy, dan peer influence terhadap attitude toward paid apps serta implikasinya terhadap intention to purchase paid apps (suatu studi pada pengguna aplikasi paktor)

Thomas, Robin (2016) Analisis pengaruh perceived usefulness, perceived price, personal motivation, self efficacy, dan peer influence terhadap attitude toward paid apps serta implikasinya terhadap intention to purchase paid apps (suatu studi pada pengguna aplikasi paktor). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL (COVER).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (585kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL (2).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Akibat pesatnya perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia yang dipengaruhi oleh perkembangan pengguna internet di Indonesia, berdampak pada bermunculan smartphone di Indonesia yang didukung oleh aplikasi-aplikasi untuk menunjang smartphone tersebut. Salah satu aplikasi yang sedang ramai digunakan adalah aplikasi dating yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan pengguna lainnya yang dapat membantu mendapatkan pasangan. Salah satu aplikasi dating tersebut adalah aplikasi Paktor. Sejak aplikasi Paktor memasuki pasar Indonesia hingga saat ini, Paktor mengalami sedikit tantangan, yaitu lebih sedikitnya jumlah pengguna aplikasi Paktor yang tidak berbayar dibanding aplikasi dating lainnya. Aplikasi Paktor memiliki aplikasi yang tidak berbayar dan aplikasi yang berbayar. Sedikitnya jumlah pengguna aplikasi Paktor yang tidak berbayar mempengaruhi pula pada pengguna aplikasi Paktor yang berbayar. Oleh karena itu, Paktor harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan jumlah penggunanya pada aplikasi Paktor yang berbayar. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah Intention to Purchase Paid Apps pada aplikasi Paktor dipengaruhi oleh Perceived Usefulness, Perceived Price, Personal Motivation, Self Efficacy, dan Peer Influence melalui Attitude toward Paid Apps. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel penelitian ini berjumlah 147 responden dengan kriteria: pengguna aktif aplikasi Paktor yang tidak berbayar dalam 1 bulan terakhir, pengguna yang belum pernah menggunakan aplikasi Paktor yang berbayar, menggunakan aplikasi Paktor dengan tujuan mendapatkan pasangan, dan berusia minimal 18 tahun. Sebuah kuesioner di desain untuk mengumpulkan informasi dari calon pengguna aplikasi Paktor yang berbayar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara perceived usefulness terhadap attitude toward paid apps, perceived price terhadap attitude toward paid apps, personal motivation terhadap attitude toward paid apps, self efficacy terhadap attitude toward paid apps, peer influence terhadap attitude toward paid apps, dan attitude toward paid apps terhadap intention to purchase paid apps. Sehingga disarankan untuk aplikasi Paktor untuk menambahkan fitur-fitur dalam aplikasi Paktor yang berbayar, memberikan promosi pada harga aplikasi Paktor yang berbayar, bekerjasama dengan artis-artis yang sedang popular saat ini, membuat event-event, dan memberikan hadiah-hadiah atau sticker. Sehingga dapat meningkat jumlah pengguna aplikasi Paktor yang berbayar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 330 Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:02
Last Modified: 13 Apr 2023 03:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item