Haryoprakoso, Mohammad Rizki (2018) Objektivitas Pemberitaan Media Harian Nasional Terhadap Pemberitaan Asian Games 2018 (Objektivitas Pemberitaan Media Harian Nasional Terhadap Pemberitaan Asian Games 2018 Dalam Rubrik Olahraga). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Objektivitas menjadi nilai etika serta moral yang perlu dipegang teguh dalam surat kabar dalam melakukan profesi jurnalistiknya. Dalam pembuatan berita, media dituntut untuk bersifat objektif serta tidak memihak. Saat ini, Indonesia tengah mempersiapkan ajang lomba olahraga se- Asia yang disebut sebagai Asian Games. Dalam ajang olahraga tersebut, banyak media yang menyorot dari berbagai sudut pandang mengenai persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Kurangnya persiapan serta pendaan yang seret menjadi sorotan utama dalam waktu pembukaan yang semakin sempit. Salah satunya media Harian Nasional yang juga memiliki ideologi dalam pergerakannya, juga harus membuat pemberitaan yang bersifat netral. Melalui penelitian ini, peneliti telah mengambil sampel dari media cetak terkait sebanyak 37 artikel yang berfokus pada pemberitaan Asian Games. Dalam perumusan masalah, peneliti ingin menemukan seberapa besar objektivitas dari pemberitaan media Harian Nasional yang terkait dengan tema utama peneliti. Dalam penelitian kali ini, peneliti menggunakan teori tanggung jawab sosial yang diterapkan di Indonesia, disertai dengan konsep objektivitas milik Westerstahl untuk menemukan objektivitas media tersebut. Secara gamblang, Harian Nasional sudah memenuhi objektivitas yang telah diutarakan Westerstahl, meskipun ada beberapa indikator yang belum terpenuhi yaitu pada bagian ukuran kolom yang tidak seimbang dengan besaran angka 34 artikel atau 91,89% belum dapat dipenuhi secara utuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Objektivitas, analisis isi, kuantitatif, Asian Games 2018 |
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 03:38 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6152 |
Actions (login required)
View Item |