Pengaruh Packaging Terhadap Niat Beli Konsumen Ritel (Survei Terhadap Cluster Mahasiswa Jakarta)

Putri, Natasha Aditya (2018) Pengaruh Packaging Terhadap Niat Beli Konsumen Ritel (Survei Terhadap Cluster Mahasiswa Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)

Abstract

Industri ritel di Indonesia telah berkembang pesat hingga kini konsumen dihadapkan dengan banyaknya pilihan untuk berbelanja. Bahkan Indonesia termasuk pasar ritel teratraktif ke-8 di dunia dengan angka penjualan nasional sebesar 350 juta USD. Tidak hanya toko ritel offline, ritel online juga terus berkembang hingga mencapai angka pertumbuhan 289% pada tahun 2017. Semakin ketatnya kompetisi untuk menjadi market leader ini menyebabkan perusahaan mengembangkan berbagai strategi untuk menarik konsumen, salah satunya adalah melalui packaging, yang turut mengalami pertumbuhan 7% tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara packaging terhadap niat beli konsumen, serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan model VIEW oleh Terence Shimp dan Consumer Decision-Making Process oleh Engel, Miniard, dan Blackwell. Metode dari penelitian ini adalah metode survei, dengan sifat penelitian kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah 418.217 mahasiswa di Jakarta yang diwakili oleh 400 sampel, dipilih melalui cluster random sampling. Dari hasil penyebaran kuesioner, didapatkan data dari 550 responden yang kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif antara packaging terhadap niat beli konsumen. Berdasarkan analisis lebih lanjut, variabel packaging memberi kontribusi 13.5% kepada niat beli, sedangkan 86.5% niat beli dipengaruhi oleh faktorfaktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Ritel, Packaging, Niat Beli
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:12
Last Modified: 03 Feb 2022 07:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item