Strategi akomodasi komunikasi dalam bisnis lintas budaya (studi kasus antara pengusaha etnis tionghua dan pengusaha etnis jepang di pt. Tifico fiber indonesia)

Matthew, Osbert (2018) Strategi akomodasi komunikasi dalam bisnis lintas budaya (studi kasus antara pengusaha etnis tionghua dan pengusaha etnis jepang di pt. Tifico fiber indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (979kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (962kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perdagangan bebas dimana beragam budaya yang berasal dari berbeda bangsa, negara, bahasa, dan suku bangsa yang diwakilkan oleh individu atau suatu lembaga perusahaan terjadi beriring dengan terbukanya pasar international yang sedang marak terjadi. Fenomena yang sekarang dihadapi adalah bisnis lintas budaya, hal tersebut dipicu oleh adanya MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang merupakan fenomena bisnis lintas budaya terbesar yang terjadi di Indonesia. Fenomena yang akan diteliti lebih dalam adalah komunikasi bisnis lintas budaya yang dilakukan oleh pengusaha beretnis Tionghua dan pengusaha beretnis Jepang pada PT. Tifico Fiber Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lintas budaya antara pengusaha Tionghua dan pengusaha Jepang sertamengetahui hambatan komunikasi lintas budaya yang terjadi antara kedua pelaku bisnis. Peneliti juga ingin meneliti mengenai taktik yang digunakan untuk menghadapi pebisnis yang memiliki perbedaan etnis dan cara menyelesaikan serta menanggapi masalah yang ditemui saat berkomunikasi dengan lawan yang berasal dari etnis dan kebudayaan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan teori akomodasi komunikasi, identitas sosial, high context dan low context untuk menganalisa hambatan serta strategi yang digunakan oleh pengusaha etnis Tionghua dan Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap subjek yang diteliti. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hambatan seperti perbedaan budaya, gaya komunikasi, sifat etnosentrisme, pemahaman budaya, dan bahasa tubuh yang mempengaruhi proses komunikasi dan menimbulkan hambatan. Peneliti menemukan bahwa strategi yang digunakan untuk mengatasi hambatan komunikasi lintas budaya yang dihadapi adalah akomodasi komunikasi. Pebisnis Tionghua melakukan strategi konvergensi untuk memperlancar proses bisnis dan menjaga hubungan yang baik antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi bisnis, Komunikasi antar budaya.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation
300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 390 Customs, Etiquette, Folklore, Local Culture
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:32
Last Modified: 18 May 2022 05:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item View Item