Strategi Customer Relationship Management (Crm) Go-Jek Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Program Go-Points

Hito, Rachel Lia Ade Putri (2018) Strategi Customer Relationship Management (Crm) Go-Jek Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Program Go-Points. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (905kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (923kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan bisnis pada industri yang sejenis kian hari semakin ketat, sehingga sebuah perusahaan perlu memikirkan strategi yang tepat untuk tetap bisa mempertahankan konsumennya agar tidak berpindah ke tangan kompetitor. Salah satu cara yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan menerapkan kegiatan Customer Relationship Management (CRM). Penerapan kegiatan Customer Relationship Management (CRM) digunakan oleh perusahaan GO-JEK guna dapat mempertahankan keberadaan konsumen yang telah dimilikinya. Melalui loyalti program GO-POINTS, diharapkan konsumen bisa loyal dan tetap memilih menggunakan servis GO-JEK. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui penerapan strategi Costumer Relationship Management (CRM) yang dilakukan oleh GO-JEK melalui program GO-POINTS untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Dalam melakukan analisis penerapan strategi CRM yang dijalankan oleh perusahaan, peneliti menggunakan model CRM Value Chain dari Buttle. Model Buttle ini dipilih karena sesuai dengan karakteristik perusahaan start-up yang banyak menggunakan teknologi dalam pelaksanaan kerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka/dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Customer Relationship Management GO-JEK melalui program GO-POINTS dapat membentuk loyalitas pelanggan baik dari sisi partner dan maupun user. GO-POINTS juga menerapkan keseluruhan strategi CRM model Value Chain dari Buttle, dengan mengedepankan proses pengenalan dan pemahaman seluruh tipe konsumennya, hingga membangun serta menjaga hubungan baik dengan seluruh konsumennya. Dalam pelaksanaannya, GO-POINTS memaksimalkan penggunaan teknologi informasi seperti database customer GO-JEK dan berbagai saluran komunikasi online untuk dapat menjangkau konsumennya dengan mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Strategi Customer Relationship Management, Model Value Chain, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.)
300 Social Sciences
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:22
Last Modified: 21 Nov 2024 02:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6178

Actions (login required)

View Item View Item