Rahayu, Mutiara (2018) analisis pengaruh attitude towards, subjective norms, brand image terhadap purchase intention halal product: telaah pada brand hijab zoya dengan sertifikasi halal. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Muslim dapat dikatakan sebagai penduduk mayoritas di dunia, untuk di Indonesia sendiri populasi penduduk muslim merupakan populasi yang terbesar, dengan begitu kehidupan penduduk muslim sangat berpengaruh penting dalam masyarakat. Terutama untuk mengkonsumsi produk halal yang merupakan kewajiban umat muslim sesuai dengan syariat yang telah ditentukan, yang membuktikan bahwa permintaan terhadap produk halal telah mengalami peningkatan. Dalam memilih suatu produk konsumen pasti dipengaruhi dengan beberapa faktor seperti sikap diri sendiri (attitude toward), pengaruh lingkungan (subjective norm), dan penilaian seseorang terhadap suatu brand (brand image), serta peran lingkungan sekitar (subjective norms) yang membentuk sikap seseorang terhadap suatu produk yang akan dipilih (attitude towards). Sertifikasi halal itu sendiri pada umumnya terletak pada makanan atau kosmetik karena merupakan hal yang berhubungan langsung dengan diri manusia. Namun untuk saat ini, adanya sertifikasi halal pada bidang fashion. Fashion tersebut juga merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Perkembangan fashion muslim di Indonesia yang besar membuat salah satu brand fashion muslim yaitu Zoya tertarik untuk mendaftarkan produk hijab nya dengan sertifikasi halal. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apakah subjective norms mempengaruhi attitude towards dalam produk Halal, serta peran attitude toward, subjective norms, dan brand image mempengaruhi purchase intention pada Zoya Hijab. Penelitian menggunakan metode kuantitaif dengan menyebarkan kuesioner kepada 151 responden. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan structural equation modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL versi 8.8. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif antara attitude toward, subjective norms, brand image terhadap purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 174 Occupational ethics (CSR, business ethics, ethics of work, professional ethics) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 03:10 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 05:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6443 |
Actions (login required)
View Item |