analisis pengaruh novelty, reliability, understandability, interestingness terhadap perceived enjoyment of vlog usage serta implikasinya pada intention to visit (telaah pada viewers vlog ria sukmawijaya yang berjudul ‘tokyo street food #03’)

Hany, Stephen (2018) analisis pengaruh novelty, reliability, understandability, interestingness terhadap perceived enjoyment of vlog usage serta implikasinya pada intention to visit (telaah pada viewers vlog ria sukmawijaya yang berjudul ‘tokyo street food #03’). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I-II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (35MB)

Abstract

Ditengah era globalisasi ini, internet menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Masyarakat menggunakan internet sebagai media pencari informasi untuk segala hal yang mereka tidak dapat temukan sendiri. Hal ini juga berdampak kepada industri pariwisata dimana masyarakat menggunakan internet sebagai media pencarian informasi sebelum melakukan perjalanan ke destinasi yang akan dituju. Fenomena ini juga yang mendorong munculnya travel vlogger untuk menyediakan informasi tentang destinasi wisata yang baru, unik, dapat dipercaya, serta menarik bagi audience mereka dengan vlog. Apabila audience dari travel vlogger tersebut merasa puas terhadap informasi yang disajikan, maka viewers dari vlog tersebut dipercaya akan menunjukkan perilaku bepergian ke destinasi yang diulas dalam vlog tersebut. Ria Sukmawijaya merupakan salah satu travel vlogger yang mendapatkan respon positif serta digemari masyarakat Indonesia, baik dari selera humornya, maupun dari pembawaan informasi yang disajikan dalam vlognya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah novelty, reliability, understandability, dan interestingness memiliki pengaruh terhadap perceived enjoyment of vlog usage serta implikasinya kepada intention to visit dari destinasi yang diulas dalam vlog Ria Sukmawijaya yang berjudul ‘TOKYO STREET FOOD #03’ Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden, dimana responden berusia 19-34 tahun, pernah menonton vlog, mengetahui Ria Sukmawijaya, pernah menonton travel vlog-nya yang berjudul ‘TOKYO STREET FOOD #03’. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 5 hipotesis yang akan diuji dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak LISREL versi 8.80. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif antara novelty, reliability, interestingness dengan perceived enjoyment of vlog usage, serta terdapat pengaruh positif antara perceived enjoyment of vlog usage dengan intention to visit. Pada penelitian ini juga, variabel understandability terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap perceived enjoyment of vlog usage.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:25
Last Modified: 27 May 2022 04:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item