Alexandra, Irene (2018) peran copywriter dalam pemilihan pronomina persona video komersial peminatan film program studi film dan televisi universitas multimedia nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Copywriter memiliki peran penting dalam pembuatan sebuah naskah video komersial yang berdasarkan pada creative/client brief dan konsep creative director. Dalam pembuataan naskah, khususnya naskah video komersial narasi, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahasa dalam narasi. Bahasa yang tepat dapat membuat informasi yang ingin disampaikan mudah diterima oleh target audience. Bagian dari narasi diantaranya adalah penggunaan kata ganti orang atau disebut dengan pronomina persona. Pada skripsi penciptaan ini penulis sebagai copywriter membahas mengenai pemilihan pronomina persona dalam naskah video komersial “Peminatan Film Program Studi Film dan Televisi Universitas Multimedia Nusantara”. Pronomina persona yang penulis pilih untuk naskah video komersial ini adalah pronomina persona “lu-gue” yang merupakan bagian dari bahasa gaul. Penulis memilih topik bahasan tersebut karena penulis ingin mengetahui apakah pronomina persona “lu-gue” tepat dengan target audience yaitu, siswa/i sekolah menengah atas dan kejuruan di seluruh Indonesia dengan rentang umur 16 – 18 tahun. Untuk mengetahui hal tersebut penulis melakukan penelitian kuantitatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 07:35 |
Last Modified: | 09 May 2022 03:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6568 |
Actions (login required)
View Item |