Viantika, Benita Vela (2018) Perancangan Kampanye Sosial Menjaga Informasi Pribadi Dalam Media Social Untuk Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kampanye ini berawal dari fenomena pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang kian bertambah tiap tahunnya, khususnya dalam penggunaan media sosial oleh remaja. Hal ini juga menyebabkan remaja banyak menjadi korban kejahatan dalam media sosial akibat kurang berhati-hati dalam memberikan infomasi pribadi di media sosial. Rumusan masalah yang diangkat penulis adalah bagaimana merancang kampanye sosial menjaga informasi pribadi dalam media sosial untuk remaja. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan awareness pada remaja 13- 18 tahun agar mengetahui bahaya dan cara melindungi diri dalam menggunakan media sosial. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif (studi pustaka, studi eksisting, observasi non-partisipatif, dan wawancara), dan kuantitatif (kuesioner). Metodologi perancangan yang digunakan adalah menurut Landa (2011). Pesan yang ingin disampaikan adalah mengetahui bahaya dan batasan yang aman dalam menyebarkan informasi pribadi di media sosial. Konsep keseluruhannya mengangkat tema kejahatan datang tanpa disadari korban, dengan pendekatan affective (memberikan dampak negatif sehingga memberikan rasa takut) dan emotional appeal berupa perasaan terkejut. Berdasarkan strategi komunikasi AISAS, penulis memilih video sebagai media primer, kemudian video ad, poster, web banner, website, brosur, dan merchandise sebagai media sekunder. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini, target audiens dapat lebih waspada dan bijak dalam menggunakan media sosial, sehingga menutup celah timbulnya tindak kejahatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | kampanye, sosial, menjaga, informasi, pribadi |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 02:04 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 08:27 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6641 |
Actions (login required)
View Item |