Perancangan Buku Pengenalan Disleksia dan Cara Penanganannya untuk Orangtua

Andika, Eunice (2018) Perancangan Buku Pengenalan Disleksia dan Cara Penanganannya untuk Orangtua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (953kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (261kB)

Abstract

Disleksia merupakan sebuah gangguan yang mengakibatkan seorang anak sulit membaca dan mengalami masalah dari segi psikologis. Penanganan disleksia tidak cukup hanya dari sekolah saja namun juga orangtua di rumah. Namun seringkali orangtua yang memiliki anak disleksia tidak tahu mengenai disleksia itu sendiri serta cara penanganannya. Padahal, bila anak penyandang disleksia tidak diberikan penanganan secara khusus maka dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Hal ini membuat penulis merasa perlu adanya suatu media buku yang dapat mensosialisasikan dan mengedukasi orangtua dalam mendidik anak disleksia. Penulis menggunakan metode penelitian campuran yang berupa kuisoner, wawancara dan studi eksisting untuk memperoleh informasi dan data yang nantinya dijadikan pedoman perancangan media buku. Sementara dalam perancangan buku, penulis menggunakan teori Landa mengenai lima tahap perancangan. Dengan mengambil ide keseharian belajar anak, maka konsep yang diangkat adalah buku informasi ringan berbentuk jurnal. Dari perancangan yang dibuat ingin menyampaikan pesan bahwa orangtua butuh mengetahui lebih dalam mengenai disleksia dan cara penanganannya. Media utama yang dihasilkan berupa buku, sementara media pendukung berupa buku notes, bantal, pin, totebag dan kaos. Dengan adanya media buku ini, orangtua diharapkan dapat mendidik anak mereka secara optimal dan diharapkan anak penyandang disleksia kedepannya dapat lebih sukses di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: disleksia, media buku, tumbuh kembang anak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 090 Manuscripts and Rare Books > 096 Books notable for illustrations
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:10
Last Modified: 03 May 2023 01:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7008

Actions (login required)

View Item View Item