Alifirani, Ayu Erlyanda (2018) perancangan interaktivitas pada komik digital interaktif berjudul “s(h)aring”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Hoaks sekarang tersebar luas di media sosial. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena berita hoaks bisa menimbulkan beberapa dampak buruk. Oleh karena itu masyarakat Indonesia membutuhkan pembelajaran mengenai cara menghindari hoaks, terutama bagi kalangan pelajar. Komik interaktif terbukti menjadi salah satu media yang efektif untuk edukasi dan menyebarkan informasi. Penulis menggunakan survei dan teori dasar mengenai komik, interaktivitas, dan UI/UX sebagai dasar pengerjaan proyek S(h)aring. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang akan disebarkan melalui Google Play Store agar mudah diakses oleh banyak orang. Hasil test komik interaktif ini terbukti membuat remaja lebih sadar akan bahaya hoaks, bahaya menyebarkan hoaks, dan lebih tahu cara memverifikasi kebenaran suatu berita. Hal ini membuktikan bahwa komik interaktif S(h)aring bisa dipakai sebagai media edukasi terutama mengenai hoaks.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 02:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 07:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7771 |
Actions (login required)
View Item |