Strategi marketing communication soll marina hotel serpong dalam meningkatkan okupansi pada tahun 2014

Ervina, Ervina (2015) Strategi marketing communication soll marina hotel serpong dalam meningkatkan okupansi pada tahun 2014. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi - Ervina - 11140110152.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Meningkatnya industri pariwisata di Indonesia memberikan dampak yang positif pada pertumbuhan industri perhotelan di Indonesia, tidak hanya dikota berkembang tetapi juga di kota yang sedang berkembang, salah satunya Tangerang. Di Tangerang mulai dibangun hotel-hotel yang menunjang aktivitas bisnis dan pariwisata. Dengan banyaknya hotel yang dibangun, maka menjadikan adanya persaingan bisnis yang ketat sehingga menuntut perusahaan untuk dapat bersaing dengan kompetitornya. Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi marketing komunikasi. Startegi komunikasi pemasaran yang tepat dapat memberikan peningkatan pada okupansi dari hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing komunikasi yang digunakan oleh Soll Marina Hotel Serpong dalam meningkatkan okupansinya pada tahun 2014. Penelitian ini mengacu pada konsep marketing communications planning framework dari Fill. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soll Marina Hotel Serpong menggunakan startegi push, pull dan profile dengan mengkombinasikan tools marketing komunikasi seperti iklan, sales promotion, personal selling, direct marketing dan public relations untuk meningkatkan okupansinya. Okupansi dari Soll Marina Hotel Serpong pada tahun 2014 berhasil mencapai 70% hingga 80% dari tahun sebelumnya, yaitu tahun 2013 sebesar 55% hingga 60%. Peningkatan okupansi ini tidak terlepas dari peran public relation Soll Marina Hotel Serpong sebagai communication facilitator yang menjadi perantara bagi perusahaan dalam berkomunikasi, khususnya mengkomunikasikan produk dan jasanya kepada konsumen melalui kegiatan komunikasi pemasaran

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:04
Last Modified: 08 Jun 2022 03:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item