Kusuma, Fifi (2015) Pengaruh social media terhadap brand image berrybenka di kalangan wanita dewasa wilayah jabodetabek (studi kasus pada social media instagram berrybenka). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Media komunikasi tersedia dalam berbagai jenis untuk mengakomodasi komunikasi yang efektif. Di era teknologi informasi dan komunikasi yang telah maju, mayoritas individu mengandalkan internet untuk berkomunikasi secara online dan real-time tanpa terkendala jarak dan waktu. Kemajuan internet juga berdampak aktivitas bisnis, sehingga dikenal istilah e-commerce yang berarti proses transaksi jual-beli menggunakan internet. Praktik bisnis e-commerce yang berlangsung di dunia maya mengharuskan Public Relations untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan publiknya secara online yang menimbulkan istilah baru, yaitu Online Public Relations. Salah satu media komunikasi online yang dapat digunakan adalah social media yang perlu dikelola secara tepat agar dapat menstimuli terbentuknya citra brand yang positif. Situasi di atas melatarbelakangi pelaksanaan penelitian yang berjudul “Pengaruh Social Media terhadap Brand Image Berrybenka di Kalangan Wanita Dewasa Wilayah Jabodetabek (Studi Kasus pada Social Media Instagram Berrybenka)”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih lanjut apakah terdapat pengaruh antara social media terhadap brand image Berrybenka di kalangan wanita dewasa wilayah Jabodetabek dan bagaiamana brand image yang terbentuk di benak publik, khususnya kalangan wanita dewasa wilayah Jabodetabek yang tergabung dalam akun social media Instagram Berrybenka. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Terdapat total 250 followers Instagram Berrybenka berdomisili di Jabodetabek yang menjadi responden dalam penelitian. Analisis data hasil kuesioner menggunakan skala Likert untuk mengukur sikap responden terhadap brand Berrybenka yang akan membentuk brand image Berrybenka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara social media terhadap brand image, yaitu sebesar 0,714 dengan tingkat pengaruh yang cukup signifikan dimana brand image Berrybenka dipengaruhi oleh social media sebesar 51% dan sisanya 49% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 09:13 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 02:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/803 |
Actions (login required)
View Item |