Tifany, Jesica (2015) Pengaruh persepsi khalayak terhadap pembentukan citra anak perusahaan (evaluasi isu negati lion air di media online terhadap citra batik air). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Persaingan memerebutkan posisi strategis di benak khalayak menuntut perusahaan tidak hanya bertumbuh, melainkan berkembang, sehingga terlahir anak-anak perusahaan dalam industri yang sama. Lion Air sebagai maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia mengembangkan perusahaannya dengan melahirkan anak perusahaan dalam satu grup, yakni Batik Air. Namun, sejak Januari 2013 hingga Januari 2015 terjadi banyak insiden yang menuntut Public Relations Lion Air Group melakukan manajemen isu. Ini merupakan tantangan besar bagi citra Batik Air apakah dapat dipengaruhi oleh isu-isu yang menimpa induk perusahaannya, Lion Air. Penelitian ini menggunakan Effects of The News Media on Public Opinion: Learning Theory untuk menguji apakah peliputan media online dapat memberikan pengaruh pada persepsi khalayak yang menuntut publik untuk membentuk opini mereka. Konsep yang dipakai antara lain isu, persepsi, dan citra anak perusahaan. Metodologi dari penelitian ini merupakan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner skala rating. Teknik penarikan sample menggunakan non-probabilitas purposive sampling dengan jumlah sample 100 responden. Penelitian yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas pada butir-butir pertanyaannya dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh persepsi khalayak terkait isu negatif Lion Air di media online terhadap pembentukan citra anak perusahaan Batik Air. Hubungan tersebut bersifat sangat lemah hanya sebesar 3,8% dan linear negatif, artinya semakin tinggi persepsi khalayak terkait isu negatif Lion Air di media online, maka semakin rendah citra anak perusahaan Batik Air. Namun, pembentukan citra anak perusahaan Batik Air sebesar 96,2% (=100%-3,8%) sangat mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain persepsi yang tidak dipilih sebagai faktor di dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 387 Water, air, space transportation |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 08:04 |
Last Modified: | 09 May 2022 03:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/821 |
Actions (login required)
View Item |