Adelina, Melissa (2015) Pengaruh komunikasi antarpribadi dan kredibilitas agen asuransi terhadap keputusan pembelian asuransi: survei pada nasabah pt prudential life assurance di jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Meningkatnya persaingan di dalam bisnis asuransi membuat banyak perusahaan asuransi harus mempersiapkan berbagai strategi untuk bertahan dalam industrinya. Agen asuransi bagi sebuah perusahaan asuransi merupakan front liner atau gerbang utama untuk dapat memenangkan persaingan asuransi dewasa ini. Mararaknya persaingan di bisnis asuransi, nama asuransi yang kurang baik untuk diterima di masyarakat, serta kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi sebagai salah satu pemenuhan rasa aman mereka menjadikan perusahaan asuransi harus mulai bersaing untuk memperebutkan pasar. Pengurangan ketidakpastian akan nama asuransi yang sudah dinilai buruk di masyarakat dinilai sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk memenangkan kembali persaingan di bisnis asuransi. Hal-hal yang terkait dalam pengurangan ketidakpastian ini dapat diterapkan dengan cara berkomunikasi, pasalnya dengan komunikasi orang mampu membuat jarak/gap yang ada menjadi semakin sedikit, tidak jarang komunikasi antarpribadi antara agen dan nasabah harus diterapkan guna memberikan kepastian bagi calon nasabah akan produk yang dipilihnya. Di samping itu, pentingnya kredibilitas yang dimiliki agen juga akan mempengaruhi seberapa besar calon nasabah untuk memutuskan membeli produk kepada agen yang bersangkutan, hal ini karena kredibilitas komunikator juga mengambil andil dalam mengurangi ketidakpastian yang ada dibenak para calon nasabahnya. Penelitian dengan judul “Pengaruh Komunikasi Antarpribadi dan Kredibilitas Agen Asuransi Terhadap Keputusan Pembelian Asuransi” ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh komunikasi antarpribadi dan kredibilitas agen asuransi dalam mempengaruhi keputusan pembelian nasabah. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif dengan jenis data kuantitatif dan instrumen penelitian berupa penyebaran kuisioner. Responden penelitian adalah para nasabah yang telah membeli polis dari salah satu dari 4 orang agen PT Prudential Life Assurance yang memiliki posisi/pangkat diperusahaan yang bersangkutan. Dari hasil penelitian ditemukan hasil variabel X1 (komunikasi antarpribadi) dan X2 (kredibilitas agen) mempengaruhi Y (keputusan pembelian) hal ini dapat dibuktikan melalui hasil kuisioner yang disebarkan dan bukti berupa data dalam analisis penelitian
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 301 Sociology and anthropology 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 08:44 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 01:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/855 |
Actions (login required)
View Item |