Strategi komunikasi terapeutik guru dalam membangun motivasi belajar anak down syndrome

Sanjaya, Rati (2015) Strategi komunikasi terapeutik guru dalam membangun motivasi belajar anak down syndrome. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB)

Abstract

Down syndrome merupakan sebuah kondisi kelainan genetik dimana munculnya kromosom 21 dalam tubuh beberapa orang yang membuatnya memiliki beberapa keistimewaan. Kebanyakan anak dengan DS (ADS) memiliki hambatan kognitif yang membuat mereka masuk ke dalam kategori berkebutuhan khusus sehingga membutuhkan strategi khusus dalam memotivasi belajar mereka. Komunikasi terapeutik yang selama ini digunakan perawat atau terapis memiliki pengaruh untuk membangkitkan motivasi pasien yang juga dapat diaplikasikan dalam bidang edukasi walaupun belum populer. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi terapeutik guru dalam membangun motivasi belajar melalui paradigma konstruktivis dengan metode fenomenologi yang dijabarkan dalam penjabaran deskriptif sehingga penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini melibatkan dua key informan dan tiga informan dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi literatur. Penelitian ini menemukan komunikasi terapeutik yang lebih berpengaruh melalui komunikasi non-verbal dimana ADS memiliki kepekaan untuk mengidentifikasi apakah motivasi yang diberikan tulus atau tidak. Status dan peran komunikator pun berpengaruh pada gaya komunikasi komunikator dan kedekatannya dengan ADS.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Schools and their activities, special education
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2017 10:33
Last Modified: 19 Jul 2022 01:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item