Asmawarini, Restia Tities (2013) Strategi komunikasi surya institute dalam membangun brand image (studi deskriptif kualitatif atas event asia pacific conference of young scientists 2012). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Surya Institute – suatu institusi bergerak di pendidikan fokusnya science dan matematika – ingin memajukan daerah-daerah tertinggal dengan mempopulerkan science dan matematika khususnya di Indonesia agar dapat membangun bangsa – melalui para siswa sekolah tingkat menengah yang berpartisipasi dalam event Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) yang untuk kali pertama diadakan di Indonesia. Hal yang menarik untuk dikaji yakni bagaimana strategi komunikasi Surya Institute atas event APCYS 2012 tersebut dalam membangun brand image. Penelitian ini menggunakan salah satu teori komunikasi, yaitu Teori Propaganda Lasswell dengan model komunikasi ‘who says what to whom in what channels with what effects’ dan menggunakan konsep Strategic Public Relations Planning oleh Ronald D. Smith. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, paradigma post positivis dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan dan studi dokumen. Key informen penelitian ini adalah Presiden APCYS, Corporate Communication Surya Institute dan Ketua Panitia APCYS 2012. Sedangkan informen penelitian ini diambil beberapa siswa peserta APCYS 2012, yakni dari Indonesia, Malaysia, Australia dan Singapura. Dari hasil penelitian ditemukan strategi komunikasi Surya Institute atas event APCYS 2012 adalah menggunakan Strategi Proaktif jika dikaitkan dengan perencanaan strategis Public Relations oleh Ronald D. Smith. Action Strategies berupa special event APCYS 2012 tanggal 2–7 September 2012. Communication strategies yang digunakan adalah publicity dan newsworthy information. Publicity menggunakan media massa (cetak baik nasional dan lokal, dan koran online), emails, Facebook Surya Institute, website APCYS 2012, media below the line (BTL) berupa baliho, backdrop dan X-banner, press conference, fact sheet, feature dan press release. Sedangkan Newsworthy information yang disosialisasikan Surya Institute adalah science issues, diharapkan meningkatkan awareness masyarakat luas sehingga membangun brand image Surya Institute.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:19 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/947 |
Actions (login required)
View Item |