Mahardika, Shelly (2013) Perencanaan dan implementasi program csr dalam meningkatkan jiwa leadership mahasiswa studi kasus: unilever leadership actions on sustainability (ulas) periode mei – november 2012 pt unilever indonesia tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh kepedulian perusahaan kepada pemangku kepentingan dan lingkungannya atas dampak sosial yang ditimbulkan oleh kegiatan operasional perusahaan melalui pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui program CSR ULAS, PT Unilever Indonesia Tbk melakukan community development terhadap mahasiswa agar dapat menjadi calon pemimpin yang berpola pikir berkelanjutan. Permasalahan yang diteliti oleh peneliti adalah bagaimana perencanaan dan implementasi Program CSR ULAS di PT Unilever Indonesia Tbk. Sementara tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan dan implementasi Program CSR ULAS sebagai strategi meningkatkan jiwa leadership dengan sustainability mindset di kalangan mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian mengenai Program CSR ULAS adalah teori CSR oleh Garriga dan Mele, yaitu teori etis dengan sub teori normative stakeholders dan sub teori pembangunan berkelanjutan. Sementara konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai Fungsi dan Peran Public Relations, Fungsi dan Pengertian Employer Branding, Fungsi dan Pengertian Corporate Social Responsibility, Community Development sebagai Bentuk CSR, serta Perencanaan dan Implementasi CSR. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder di mana data primer didapatkan dari hasil wawancara kepada pihak internal dan eksternal perusahaan mengenai program ini sebagai key informan, serta menggunakan data sekunder dianalisis dari artikel dari media massa. Metodologi yang digunakan adalah paradigma postpositivisme, dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, dan metode penelitian menggunakan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teori CSR yaitu teori etis dapat diterapkan dalam implementasi Program CSR ULAS, beserta indikator-indikator dan prinsip-prinsip CSR. Selain itu, Program CSR ULAS merupakan program berdasarkan pilar Building Human Capital berbentuk community development yang terdiri dari indikator kemandirian dan keberlanjutan. Berdasarkan tahap-tahap implementasi CSR oleh Wibisono yang terdiri dari perencanaan, implementasi, evaluasi, dan pelaporan, program yang merupakan program perdana yang akan dijadikan sebagai program CSR tahunan PT Unilever Indonesia Tbk telah berjalan dengan baik meski memerlukan beberapa penyempurnaan. Optimalnya program ini selain memiliki nilai diferensiasi, dampak positif yang dirasakan oleh publik baik partisipan dan masyarakat lebih real. Selain itu, mahasiswa sebagai partisipan dapat menjadi agen perubahan yang dapat menginspirasi mahasiswa lainnya sehingga tujuan meningkatkan jiwa leadership dengan sustainability mindset dapat terwujud.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.1 Agriculture, Agricultural Economics, Agricultural Industries 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 07:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 03:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/953 |
Actions (login required)
View Item |