Sarmayuni, Vionita ega (2013) Strategi kampanye public relations asia pulp and paper (app) indonesia melalui event musik edukasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya isu perusakan hutan dan lingkungan oleh industri kertas yang selalu didengungkan oleh berbagai LSM. APP yang merupakan perusahaan pulp dan kertas nasional yang berhasil menjadi produsen kertas nomor 5 dan produsen pulp nomor 15 dunia, seringkali mendapatkan opini dan tudingan negatif dari lembaga tersebut. Untuk itulah APP merasa perlu meluruskan isu tersebut dengan melakukan kampanye. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kampanye Public Relations APP melalui event Musik Edukasi. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian strategi kampanye Public Relations ini antara lain : Model Komunikasi Lasswell, Public Relations, Strategi Perencanaan Public Relations, Kampanye Public Relations, Strategi Perencanaan Kampanye Public Relations, dan Special Events. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post positivistik, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif, metode penelitian studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam kampanye ini menggunakan strategi reaktif yaitu prebuttal dengan taktik special event. APP menyampaikan pesan dan informasi terkait kertas, hutan, dan lingkungan kepada khalayak sasarannya, yaitu siswa SMP dan SMA dengan menggunakan celebrity spoke person, Noe Letto melalui pendekatan persuasif dan dialog interaktif. Exposure yang diperoleh pun sesuai dengan yang diharapkan. Program event tersebut berhasil dalam merubah persepsi khalayak sasaran. Namun, strategi kampanye PR masih belum menjawab permasalahan tentang tudingan Greenpeace terkait perusakan hutan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 02:51 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 06:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/964 |
Actions (login required)
View Item |