Implementasi strategi public relations lembaga penjamin simpanan dalam pengelolaan reputasi

Suselo, Alexander Jerry (2014) Implementasi strategi public relations lembaga penjamin simpanan dalam pengelolaan reputasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (683kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (781kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Untuk memberi rasa aman bagi para nasabah atas simpanan di bank dan demi memperoleh kepercayaan serta menjaga stabilitas perbankan, pemerintah pun membentuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Reputasi dan trust dari para stakeholder menjadi amat penting bagi LPS yang bergerak pada sektor penjaminan simpanan dalam menghadapi isu utama yang mempengaruhi reputasi lembaga adalah penanganan Bank Mutiara yang mendapat sorotan besar dari media sehingga LPS menghadapi ujian bagi reputasi mereka. Perbedaan LPS sebagai lembaga negara dengan perusahaan swasta, peranan LPS diatur dalam Undang-Undang. Peneliti ingin memahami dan mengkaji implementasi strategi public relations yang dilaksanakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam mengelola reputasi institusi. Penelitian akan dilakukan dengan metode wawancara dengan public relations atau humas LPS, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini, LPS menerapkan riset awareness & perception serta media audit sebagai acuan dari strategi proaktif dengan taktik yang dilakukan adalah iklan, komunikasi interpersonal melalui seminar dan special event, media relations, dan koordinasi dengan pemerintah melalui FKSSK yang menghasilkan peningkatan awareness dan meningkatkan minat masyarakat menabung di bank. Selain itu LPS berupaya memposisikan diri sebagai lembaga yang menangani bank gagal berdasar mandat undang-undang dan tidak terlibat dalam arus politik kasus Bank Mutiara. Hambatan yang dihadapi public relations LPS adalah kurangnya pemahaman publik terhadap posisi dan peranan lembaga yang memicu munculnya opini negatif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:26
Last Modified: 12 Apr 2023 03:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item