Program TV "MINIMALIFE: Minimalism Lifestyle" dengan Topik Bahasan Decluttering

Yasin, Ratujesya Akira (2022) Program TV "MINIMALIFE: Minimalism Lifestyle" dengan Topik Bahasan Decluttering. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)

Abstract

Televisi sebagai media massa merupakan media yang paling digemari. Namun, seiring berkembangnya teknologi televisi terganggu oleh media baru seperti media sosial. Kecepatan media sosial menggantikan peran media massa konvensional seperti televisi. 204,7 dari 277,7 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial. YouTube merupakan media sosial paling populer di Indonesia khususnya bagi generasi milenial, generasi yang banyak terpapar dan mudah dipengaruhi media sosial. Seringkali menggunakan internet untuk transaksi membuat generasi milenial bersifat konsumtif dan rawan menimbun barang. Menyimpan berbagai macam benda yang sebenarnya sudah tidak diperlukan di berbagai sisi dan ruangan rumah sudah menjadi kebiasaan rumah tangga dan individu yang telah berlangsung dalam jangka waktu yang lama meski seringkali tidak disadari. Lingkungan rumah menjadi faktor yang penting dalam menentukan kualitas kinerja, produktivitas, hingga kesehatan mental seseorang. Benda yang tertimbun dan tidak tertata secara rapih dapat menyebabkan masalah yang serius seperti kualitas kinerja yang tidak maksimal, produktivitas yang terganggu, hingga gangguan kesehatan mental. Maka dari itu, penulis ingin mengenalkan gaya hidup minimalis khususnya metode decluttering kepada generasi milenial melalui sebuah program televisi dengan format feature reporting yang akan didistribusikan melalui media sosial YouTube. Program televisi berdurasi 60 menit ini akan dikemas seringan mungkin, dengan informasi yang padat agar mampu penyampaikan pesan mengenai bagaimana hal kecil yang selama ini dilakukan di rumah memiliki dampak yang besar. Meningkatnya kesadaran dan pengetahuan generasi milenial yang sudah berpenghasilan mengenai clutter dan decluttering sebagai solusinya menjadi proyeksi hasil dari karya ini. Tidak hanya itu, penulis juga berharap generasi milenial dapat menerapkan metode decluttering dalam kehidupan sehari- hari, sehingga program televisi Minimalife mampu membantu negara Indonesia mencapai sustainable Development Goals khususnya dalam poin konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: decluttering, gaya hidup minimalis, generasi milenial
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.45 Television Show
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:20
Last Modified: 21 Jun 2023 03:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item