strategi manajemen impresi pada pengguna tinder

Pertiwi, Hanny Sari (2017) strategi manajemen impresi pada pengguna tinder. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (757kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembanganya aplikasi online dating. Menurut data dari Sensor Tower, negara Indonesia menduduki peringkat ke tujuh sebagai negara pengguna aplikasi dating online dan aplikasi dating online yang paling banyak diunduh adalah Tinder. Aplikasi dating online membuka peluang yang besar dalam membentuk self presentation atau impression management kepada “match”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen impresi yang digunakan oleh para pengguna Tinder untuk mendapatkan “match” atau partisipan komunikasi. Penelitian mengacu pada teori dramaturgi dan konsep self presentation, strategi impression management, presentasi diri melalui online, komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, serta Computer Mediated Communications (CMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian studi kasus dengan design case study yaitu single case study. Data diperoleh dan dikumpulkan melalui hasil wawancara dengan para informan dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para informan sadar akan membentuk manajemen impresi yang baik kepada “match”. Para informan cenderung menggunakan affinity-seeking strategies dengan tujuan to be liked untuk di bagian front stage dan untuk di bagian backstage para informan cenderung menggunakan strategi image-confirming dengan tujuan to be confirming self-image , yang terlihat dari latar belakang dan tujuan penggunaan Tinder, profile Tinder, keterbukaan informasi, tingkat penggunaan, kriteria pemilihan “match”, gaya bahasa chatting dan di analisa dari segi komunikasi verbal dan non verbal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: manajemen impresi, strategi impression manajemen, Tinder
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:39
Last Modified: 05 Apr 2023 02:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item View Item