Pertiwi, Hanny Sari
(2017)
strategi manajemen impresi pada
pengguna tinder.
Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembanganya aplikasi online dating.
Menurut data dari Sensor Tower, negara Indonesia menduduki peringkat ke tujuh
sebagai negara pengguna aplikasi dating online dan aplikasi dating online yang
paling banyak diunduh adalah Tinder. Aplikasi dating online membuka peluang
yang besar dalam membentuk self presentation atau impression management
kepada “match”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen
impresi yang digunakan oleh para pengguna Tinder untuk mendapatkan “match”
atau partisipan komunikasi.
Penelitian mengacu pada teori dramaturgi dan konsep self presentation, strategi
impression management, presentasi diri melalui online, komunikasi verbal dan
komunikasi non verbal, serta Computer Mediated Communications (CMC).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif
dengan metode penelitian studi kasus dengan design case study yaitu single case
study. Data diperoleh dan dikumpulkan melalui hasil wawancara dengan para
informan dan studi literatur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para informan sadar akan
membentuk manajemen impresi yang baik kepada “match”. Para informan
cenderung menggunakan affinity-seeking strategies dengan tujuan to be liked
untuk di bagian front stage dan untuk di bagian backstage para informan
cenderung menggunakan strategi image-confirming dengan tujuan to be
confirming self-image , yang terlihat dari latar belakang dan tujuan penggunaan
Tinder, profile Tinder, keterbukaan informasi, tingkat penggunaan, kriteria
pemilihan “match”, gaya bahasa chatting dan di analisa dari segi komunikasi
verbal dan non verbal.
Actions (login required)
 |
View Item |