Pengaruh Point-Of-Purchase Terhadap Niat Beli (Purchase Intention) Konsumen Ritel (Survei Terhadap Cluster Mahasiswa Di Dki Jakarta)

Fenny, Fenny (2018) Pengaruh Point-Of-Purchase Terhadap Niat Beli (Purchase Intention) Konsumen Ritel (Survei Terhadap Cluster Mahasiswa Di Dki Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (874kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan industri ritel modern yang pesat di DKI Jakarta sebesar 38,1% dan munculnya tren berbelanja baru di kalangan konsumen, khususnya konsumen yang memasuki usia produktif. Berbagai tren berbelanja konvensional pun mulai ditinggalkan. Oleh karena itu, pelaku industri ritel modern perlu merancang strategi komunikasi pemasaran, khususnya point-ofpurchase yang dapat memunculkan niat beli pada konsumen ritel. Pasalnya, strategi point-of-purchase yang baik dapat menstimulasi niat beli konsumen sehingga konsumen melakukan pembelian di ritel modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh point-of-purchase terhadap niat beli dan seberapa besar pengaruhnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori daya tarik point-of-purchase oleh Terence A. Shimp yang terdiri atas desain, ukuran & bentuk, warna, ilustrasi dan tata letak dan teori niat beli oleh Blackwell. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode pengumpulan data yaitu metode survei. Survei dilakukan kepada 550 responden dengan teknik cluster sampling, yaitu mahasiswa di universitas-universitas DKI Jakarta sebagai konsumen ritel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh point-of-purchase terhadap niat beli konsumen ritel sebesar 23,6%, sedangkan 76,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dimensi ilustrasi menjadi dimensi yang paling berpengaruh terhadap variabel point-of-purchase yaitu sebesar 18,1%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: point-of-purchase, niat beli, ritel
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) > 381.1 Retail Trade
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jun 2019 08:01
Last Modified: 13 Jan 2023 07:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item