Fenny, Fenny (2018) Pengaruh Point-Of-Purchase Terhadap Niat Beli (Purchase Intention) Konsumen Ritel (Survei Terhadap Cluster Mahasiswa Di Dki Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan industri ritel modern yang pesat di DKI Jakarta sebesar 38,1% dan munculnya tren berbelanja baru di kalangan konsumen, khususnya konsumen yang memasuki usia produktif. Berbagai tren berbelanja konvensional pun mulai ditinggalkan. Oleh karena itu, pelaku industri ritel modern perlu merancang strategi komunikasi pemasaran, khususnya point-ofpurchase yang dapat memunculkan niat beli pada konsumen ritel. Pasalnya, strategi point-of-purchase yang baik dapat menstimulasi niat beli konsumen sehingga konsumen melakukan pembelian di ritel modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh point-of-purchase terhadap niat beli dan seberapa besar pengaruhnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori daya tarik point-of-purchase oleh Terence A. Shimp yang terdiri atas desain, ukuran & bentuk, warna, ilustrasi dan tata letak dan teori niat beli oleh Blackwell. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode pengumpulan data yaitu metode survei. Survei dilakukan kepada 550 responden dengan teknik cluster sampling, yaitu mahasiswa di universitas-universitas DKI Jakarta sebagai konsumen ritel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh point-of-purchase terhadap niat beli konsumen ritel sebesar 23,6%, sedangkan 76,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dimensi ilustrasi menjadi dimensi yang paling berpengaruh terhadap variabel point-of-purchase yaitu sebesar 18,1%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | point-of-purchase, niat beli, ritel |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) > 381.1 Retail Trade |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 08:01 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5879 |
Actions (login required)
View Item |