UMN Knowledge Center

Konstruksi citra pria dalam majalah wanita (analisis framing rubrik 'oh man' dalam majalah chic edisi Agustus - Desember 2012)

Thea, Debora (2013) Konstruksi citra pria dalam majalah wanita (analisis framing rubrik 'oh man' dalam majalah chic edisi Agustus - Desember 2012). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (599kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (700kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (619kB) | Preview

Abstract

Media massa memiliki peran signifikan yang besar dalam pembentukkan persepsi mengenai bagaimana sosok pria dan wanita. Sebagai salah satu media massa, majalah melakukan penggambaran terhadap pria dan wanita, seperti penggambaran wanita di majalah khusus pria. Majalah menjadi media yang bukan hanya sekedar saluran yang bebas, tetapi juga sebagai subjek yang mengkonstruksi realitas, dalam hal ini konstruksi citra pria. Penelitian ini difokuskan pada rubrik ‘Oh Man’ dalam majalah CHIC edisi Agustus – Desember 2012 dengan menggunakan teknik analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Jenis penelitian ini deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pria memiliki sifat maskulin tradisional, dominan dan sebagai sosok yang melindungi dan dapat diandalkan oleh wanita. Sosok pria yang dikonstruksikan merupakan gambaran pria pada umumnya, dan gambaran tersebut merupakan persepsi dari CHIC sendiri yang memungkinkan berbeda dengan persepsi media lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc. > PN4832-4836 Magazines and other periodicals
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jul 2017 07:55
Last Modified: 27 Sep 2017 09:28
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item