Pemanfaatan Analisis Ratings dan Sharing Research Development dalam Ruang Redaksi Televisi (Studi Kasus Program Halo Polisi Indosiar)

Chantiqa Putri, Mergia (2019) Pemanfaatan Analisis Ratings dan Sharing Research Development dalam Ruang Redaksi Televisi (Studi Kasus Program Halo Polisi Indosiar). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (975kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (843kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, televisi dianggap mampu untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat. Menjadi sangat penting untuk setiap stasiun televisi mengetahui siapa sasaran penonton mereka. Maka dari itu, hadirlah Nielsen Media Research guna menganalisis minat masyarakat menonton suatu program, berdasarkan rating share. Selain untuk mengukur performa program televisi, pandangan berdasarkan rating share ini juga dimanfaatkan untuk menarik pengiklan. Research and Development memiliki tanggung jawab untuk memantau, melakukan analisis konten, dan memberi ide atau masukan agar meningkatkan kualitas program mereka. aspek R&D di media tidak banyak yang membahasnya. Divisi ini memiliki pengaruh besar sebab mengkaji seberapa banyak masyarakat tertarik dengan apa yang sudah dibuat oleh tim produksi berita Indosiar, dan ilmu mengenai riset media atau rating share televisi menarik untuk dipelajari lebih dalam sebab persaingan industri penyiaran ialah persaingan dalam merebut perhatian masyarakat. Dari hasil penelitian didapat konten yang diproduksi ruang redaksi menyesuaikan karakteristik penonton Indosiar, research and developement menjadi salah satu faktor penentu peningkatan performa program, secara harian perolehan rating share Halo Polisi aman namun bila dikumulatifkan dan dibandingkan dengan kompetitor masih kalah saing, penempatan slot dan durasi program dapat mempengaruhi performa. Halo Polisi menggunakan strategi program tandingan karena menyasar pasar masyarakat di akhir pekan, menggunakan strategi dengan konsep merebut pasar penonton dengan menentukan segmentasi, targeting, dan positioning. Dalam pemanfaatan, ruang redaksi belum maksimal memanfaatkan laporan rating share dari R&D, Halo Polisi menjadi program pengisi slot saja, Indosiar tidak hanya ingin dikenal dengan program hiburannya saja melainkan juga kriminalnya yang khas. Dampak bila tidak memanfaatkan hasil analisis secara baik ialah pemberhentian program.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Indosiar, Rating Share, Research and Development, Televisi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:28
Last Modified: 17 Apr 2023 00:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item