Rancang Bangun Game Simulasi Pembelajaran Mekanika Klasik Berbasis Virtual Reality dengan Algoritma Perlin Noise

Handoko, Edwin (2019) Rancang Bangun Game Simulasi Pembelajaran Mekanika Klasik Berbasis Virtual Reality dengan Algoritma Perlin Noise. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (890kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan sains merupakan faktor yang penting dalam perkembangan negara manapun. Salah satu cabang dasar sains adalah fisika, dan salah satu cabang dasar fisika adalah mekanika. Mekanika klasik dianggap cocok untuk diajarkan kepada pemula karena dapat menjelaskan fenomena sehari-hari. Video game sering digunakan dalam edukasi karena bersifat interaktif dan memungkinkan pemain untuk mengalami learning by doing. Virtual reality merupakan media yang baik untuk game edukasi, karena dapat menerapkan konsep abstrak, seperti hukum fisika, secara konkrit. Digunakan teknik procedural generation, yaitu otomatisasi pembuatan konten dengan algoritma. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma Perlin Noise, yang dapat digunakan untuk membuat terrain secara otomatis. Game Parabolix dirancang dengan bantuan flowchart dan Game Design Document yang menjabarkan formal dan dramatic elements dari game. Game Parabolix kemudian dibangun dengan game engine Unity3D dan bahasa pemrograman C#. Parabolix dapat dimainkan pada platform Android dengan perangkat Google Cardboard VR dan sebuah Bluetooth controller. Parabolix kemudian diuji terhadap 30 responden dengan kuesioner System Usability Scale. Hasil dari pengujian yaitu nilai usability game Parabolix sebesar 70,25 dari nilai maksimal 100, yang dianggap di atas rata- rata.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Game, Parabolix, Perlin Noise, Procedural Generation, Simulasi, System Usability Scale, Virtual Reality
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:22
Last Modified: 24 Aug 2023 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10985

Actions (login required)

View Item View Item