Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Video Editor dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Biro Pusat Pembelajaran Universitas Multimedia Nusantara)

Franschay, Patricko (2019) Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Video Editor dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Biro Pusat Pembelajaran Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi akan tercapai apabila memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kinerja yang baik. Namun, sebagian besar pengukuran kinerja pekerja tidaklah objektif, pada umumnya pengukuran kinerja hanya berdasar peringkat dari supervisor. Biro Pusat Pembelajaran (BPP) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) merupakan departemen dibawah divisi akademik UMN. BPP UMN memiliki fungsi yaitu bekerjasama dengan fakultas dan program studi dalam mengembangkan materi maupun metode-metode pembelajaran yang efektif dan inovatif. Video editor merupakan salah satu jenis pekerjaan yang berada dalam divisi content development. Kategori penilaian video editor terdiri dari 2 kategori yakni kuantitatif dan kualitatif. Kategori kuantitatif terdiri dari penilaian durasi pengerjaan Video Raw (VRAW), Video Syncronize (VSYNC), Video Revision (VREV) ,dan Video High Definition (VHD) sementara kategori kualitatif terdiri dari kreativitas, storyboard, visual, dan teknis. Aplikasi penilaian kinerja video editor dibangun menggunakan metode AHP. Penggunaan metode AHP pada aplikasi ini karena metode ini bekerja dengan memberikan bobot pada tiap kriteria untuk mengetahui kepentingan masing-masing indikator, kemudian dilakukan perhitungan bobot penilaian terhadap nilai yang dimiliki video editor untuk mendapatkan nilai akhir kinerja video editor. Berdasarkan hasil uji coba, aplikasi penilaian kinerja video editor berhasil dibangun sesuai dengan kebutuhan BPP UMN. Selain itu uji ketergunaan menggunakan SUS (System Usability Scale) memperoleh nilai rata-rata 68.75 yang termasuk dalam kategori "baik" dan dapat diterima oleh penggunanya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: analytical hierarchy process, BPP UMN, penilaian kinerja, SUS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:15
Last Modified: 12 Nov 2024 08:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item