Sutianto, Hendricksen (2019) Implementasi Markerless Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis iOS. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Membaca adalah kemampuan yang dimiliki manusia. Kurangnya mengenal sebuah huruf atau angka akan mengganggu kemampuan membaca manusia. Kurang mengenal huruf dan angka adalah salah satu penyebab kurang bagusnya nilai anak di taman kanak-kanak. Anak yang kurang dapat membedakan ciri khusus pada suatu huruf dengan huruf lain mengakibatkan kesalahan dalam mengenal huruf maupun angka. Penelitian ini mengambil permasalahan bagaimana cara mengimplementasi markerless augmented reality pada aplikasi pengenalan huruf dan angka berbasis iOS. Markerless augmented reality adalah teknologi untuk memunculkan object di lingkungan dunia nyata dan dapat berinteraksi dengan object virtual melalui perangkat pengguna. Aplikasi akan mengecek object pada lingkungan dunia sekitar. Aplikasi dapat mengetahui terdapat object di sekitar pengguna dan akan memunculkan aset 3D. Pengujian dilakukan dengan menyebar kuesioner dan kuesioner digunakan adalah technology acceptance model (TAM). Hasil aplikasi diuji coba ke anak usia dini dari umur 4 sampai 6 tahun dan kuesioner diisi oleh orang tua atau wali anak. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa responden memiliki keinginan untuk menggunakan aplikasi sebesar 84,33%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Augmented Reality, iOS, Markerless Augmented Reality, Pengenalan Huruf dan Angka, TAM |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:06 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11027 |
Actions (login required)
View Item |