Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Metode Game Based Learning dan Teknologi Augmented Reality

Trista, Shintia (2019) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Metode Game Based Learning dan Teknologi Augmented Reality. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sejarah merupakan fondasi bagi bangsa untuk menatap masa depan dan meraih cita- cita kemerdekaan. Sejarah mempunyai fungsi yang sangat penting dalam membentuk kepribadian bangsa, kualitas manusia dan masyarakat Indonesia. Beberapa pakar pendidikan sejarah maupun sejarawan memberikan pendapat tentang fenomena pembelajaran sejarah yang terjadi di Indonesia diantaranya masalah model pembelajaran sejarah. Kemudian, dari beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah faktor minat belajar. Minat belajar diidentifikasi sebagai bagian dari faktor internal yaitu faktor psikologis yang juga mempengaruhi belajar. Penggunaaan metode Game Based Learning ke dalam sistem pembelajaran cukup mempengaruhi pengguna dalam mempelajari materi. Hal ini tergantung dari tipe pengguna dan komponen permainan yang digunakan dalam metode game tersebut. Penggunaan metode Game Based Learning juga sangat efektif membuat pekerjaan yang biasanya membosankan atau kurang menyenangkan menjadi jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan, sehingga pengguna dapat terlibat dalam waktu yang lebih lama. Dalam penelitian terkait Science-Based Augmented Reality Games, disimpulkan bahwa Augmented Reality memiliki potensi yang sangat besar di dunia edukasi. Potensi yang dimiliki oleh teknologi ini yaitu adalah kemampuannya untuk membuat seseorang melihat dunia di sekitarnya dengan cara baru. Berdasarkan pernyataan-pernyataan diatas, akan dirancang dan dibangun suatu sistem pembelajaran sejarah menggunakan metode Game Based Learning dan tekonologi Augmented Reality. Pembangunan Game dilakukan dengan menggunakan Unity Game Engine dan Vuforia. Kemudian, pengujian dilakukan dengan menggunakan model Technology Acceptance Model dengan mengukur perceived usefulness dan perceived ease of use untuk mengetahui behaviorial intention to use sebagai tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi dan setelah dilakukan pengujian dapat disimpulkan aplikasi permainan diterima oleh pengguna dengan persentase behaviorial intention to use sebesar 87,91%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Augmented Reality, Game Based Learning, Technology Acceptance Model, Unity, Vuforia
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:04
Last Modified: 08 Aug 2023 08:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item