Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Buy Organic Skincare Product: Telaah pada Produk Sensatia Botanicals di Jabodetabek

Wardah Fauziah, Aina (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Buy Organic Skincare Product: Telaah pada Produk Sensatia Botanicals di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (739kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan industri kosmetika tanah air kian meningkat. Banyaknya jumlah produsen yang bergerak pada industri kosmetika mengikuti kebutuhan konsumen akan pentingnya penampilan. Kekuatan pada bidang industri ini juga terlihat pada besarnya jumlah ekspor dan sebuah prediksi menunjukan bahwa Indonesia mampu menjadi 5 besar pasar kosmetik terbesar didunia dalam 10 hingga 15 tahun kedepan. Produk kosmetik khususnya perawatan kulit atau skincare diproduksi dengan bahan dasar organik dan konvensional. Harga produk konvensional cenderung lebih murah dari produk berbahan dasar organik, hal ini tentu menjadi tantangan bagi produksi skincare organik seperti Sensatia Botanicals. Di samping itu, terlihat maraknya produk illegal yang berbahaya bagi kulit dan berdampak bagi kesehatan, selain itu juga terlihat kerusakan lingkungan akibat limbah dari sisa produk kosmetik menjadi faktor penting bagi produksen skincare untuk membangun citra yang ramah lingkungan melalui produksi produk yang tidak mencemarkan lingkungan. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui tingkat niat untuk membeli produk Sensatia Botanicals berdasarkan faktor health consciousness, environmental consciousness, appearance consciousness, attitude toward behavior, subjective norm, past experience dan perceived behavioral control. Model teoritis ini disampaikan dengan tujuh hipotesis yang telah diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 175 responden, dengan screening profile berupa orang yang pernah menggunakan skincare berbahan dasar organik, pernah membeli skincare dalam kemasan yang dapat diisi ulang atau ditukar, mengetahui produk Sensatia Botanicals, dan belum pernah membeli produk Sensatia Botanicals. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara health consciousness, environmental consciousness, dan appearance consciousness dengan attitude toward behavior. Juga adanya hubungan positif antara attitude toward behavior, past experience, dan perceived behavioral control dengan intention to buy. Namun terdapat satu hubungan yang terbukti tidak mendukung hipotesis antara subjective norm dengan intention to buy.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Organic skincare, health consciousness, environmental consciousness, appearance consciousness, attitude toward behavior, subjective norm, past experience, perceived behavioral control, dan intention to buy
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:32
Last Modified: 30 Jun 2023 07:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item