Christiana Jaya, Yenny (2019) Strategi Komunikasi Kompasiana sebagai Wadah bagi Komunitas melalui Event Indonesia Community Day 2018. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kompasiana adalah salah satu platform digital yang bergerak dalam pemanfaatan blog. Dalam perjalanannya, Kompasaiana juga mewadahi komunitas sebagai aset perusahaan yang dapat berinteraksi secara online maupun offline. Melalui event Indonesia Community Day 2018, Kompasiana mengundang seluruh komunitas di Indonesia untuk berkumpul dan melakukan aksi positif yang dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan. Melalui event ini juga Kompasiana launching program baru yaitu COMMA sebagai suatu program yang memberikan kesempatan kepada komunitas untuk dapat berkolaborasi dengan brand. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Dalam melakukan analisis terhadap strategi komunikasi yang digunakan, peneliti menggunakan konsep Event Management dari Joe Goldblatt dan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi community relations melalui event management Kompasiana dapat menggandeng komunitas baru di luar Kompasiana dan menindaklanjuti kolaborasi komunitas dengan brand melalui program COMMA. Adapun hambatannya dalam proses research dan publikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Community Relations, Event, Kompasiana, Komunitas |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 01:52 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 01:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11209 |
Actions (login required)
View Item |