Cahya Martha M., Paramitha (2018) Analisis Isi Agenda Media Program Redaksi CNN Indonesia Siang, Edisi 1 Juli - 1 Agustus 2018. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Skripsi ini membahas dan memetakan kecenderungan pemberitaan pada program Redaksi CNN Indonesia Siang, serta sentimen pemberitaannya yang dapat dilihat selama 32 episode dalam satu bulan yaitu periode 1 Juli - 1 Agustus 2018. Kecenderungan pemberitaan seringkali dikaitkan dengan Agenda setting. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kecenderungan pemberitaan Redaksi CNN Indonesia Siang yang dilihat dari kacamata teori Agenda Setting, dan bertujuan untuk mengetahui dan memetakan ragam berita yang disiarkan setiap harinya dalam satu bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode analisis isi kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 episode, dengan teknik total sampling (jumlah populasi sama dengan jumlah sampel). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis data yang didapat dalam bentuk rekaman program, dan telah melalui uji reliabilitas dengan rumusan Holsti. Berdasarkan analisis isi kuantitatif yang telah dilakukan dengan memetakan pemberitaan program, dapat disimpulkan bahwa jumlah pemberitaan terbanyak pada program yakni berita ringan, berita keadaan darurat dan berita pemerintah/politik. Dan persentase tertinggi sentimen yaitu sentimen netral.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Agenda Media, Televisi, Kecenderungan Pemberitaan, CNN Indonesia TV |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 03:05 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 08:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11312 |
Actions (login required)
View Item |