Anabel, Nathania (2019) Perbandingan Motif Pengunaan Vlog Suhay Salim dan Kepuasan Informasi Produk Kecantikan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah YouTube yang dipakai oleh khalayak mencari informasi untuk memperoleh kepuasan dari informasi yang disajikan oleh media massa ini terutama pada vlog Suhay Salim. Khalayak mempunyai motif dalam penggunaan media massa, dalam penelitian ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan (perbandingan) antara motif kebutuhan informasi dengan kepuasan memperoleh informasi. Teori yang digunakan sebagai dasar penelitian adalah uses and gratifications, dengan menggunakan gratification sought dan gratification obtained sebagai variabel penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan sifat eksplanatif menggunakan metode survei dengan sampel penelitian 120 orang pada responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan melakukan analisis paired t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan atau hasil memiliki perbandingan antara motif pencarian informasi dengan kepuasan khalayak dalam memperoleh infomasi. Berarti bahwa informasi yang disajikan oleh vlog Suhay Salim belum dapat memenuhi kebutuhan informasi para khalayak
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | uses and gratification, vlog, motif, kepuasan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 08:27 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 05:15 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11692 |
Actions (login required)
View Item |