Tingkat Kepuasan Khalayak terhadap Artikel di Media Online Ibu dan Anak Popmama.com: Survei terhadap Ibu Usia 18-34 Tahun di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi

Aliifah, Rifdah (2019) Tingkat Kepuasan Khalayak terhadap Artikel di Media Online Ibu dan Anak Popmama.com: Survei terhadap Ibu Usia 18-34 Tahun di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (810kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Internet mulai menggeser pola kebiasaan para orang tua khususnya ibu yang biasanya mencari informasi mengenai pengasuhan (parenting) melalui cara tradisional, kini lebih memilih internet untuk dijadikan sumber informasi. Kebutuhan para orang tua khususnya ibu akan informasi yang akurat dan terpercaya, akhirnya mendorong munculnya media online yang berfokus pada isu-isu pengasuhan (parenting) yang ada di Indonesia. Tidak semua informasi mengenai parenting yang tersebar di media online sesuai dengan kebutuhan orang tua. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dari pembaca artikel di media online ibu dan anak Popmama.com. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori uses and gratification, discrepancy gratification, media online, dan khalayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu pembaca artikel di media online ibu dan anak Popmama.com di JATABEK dengan jumlah sampel 400 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat ketidakpuasan dari pembaca artikel di media online ibu dan anak Popmama.com atau kebutuhan dari khalayak tersebut hanya sekadar terpenuhi, pada indikator mencari informasi umum (general information seeking), kegunaan keputusan (decisional utility), hiburan (entertainment), kegunaan pribadi (interpersonal utility) dan interaksi sosial (Parasocial Interaction). Total mean GS yaitu 34.33 dan mean GO 34.24 sehingga nilai discrepancy gratification yang dihasilkan adalah -0.9.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jul 2020 09:53
Last Modified: 14 Apr 2023 02:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item