Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android

Edrick, Edrick (2020) Rancang Bangun Permainan Ritme Bertema Lagu Tradisional Indonesia Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (711kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (518kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu unsur kebudayaan dalam tatanan kehidupan sebuah masyarakat adalah lagu tradisional. Lagu-lagu tradisional di Indonesia memiliki pesan untuk diwariskan ke generasi muda khususnya anak-anak. Namun, banyak anak-anak tidak mengetahui sejarah bangsanya baik kebudayaannya, bahasa daerahnya, dan lagulagu tradisionalnya. Dunia mereka sudah teralihkan dan disibukkan dengan musik-musik barat, gaya yang kekinian, dan pengaruh permainan online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi permainan ritme bertema lagu daerah Indonesia berbasis Android dengan menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Permainan ini diharapkan dapat membantu anak-anak melestarikan lagu daerah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik pengujian blackbox dan User Acceptance Test. Permainan ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Unity. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan cara mengunjungi rumah anak-anak secara langsung. Permainan didemokan lalu dimainkan oleh anak-anak dan setelah dimainkan anak-anak mengisi kuesioner untuk menentukan performa dari permainan Folk Rhyme ini. Dari hasil pengujian User Acceptance Test, ratarata nilai sangat setuju penerimaan pengguna atas aplikasi yang dibuat adalah sebesar 65.62%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Lagu Daerah, Permainan Digital, Permainan Ritme, RAD
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 23:38
Last Modified: 30 Jun 2023 02:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item