Rancang Bangun Sistem Self-Service Document Printing Kiosk Berbasis Web dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: Biro Informasi Akademik Universitas Multimedia Nusantara)

Yudhistira Indrawan, Ignatius (2020) Rancang Bangun Sistem Self-Service Document Printing Kiosk Berbasis Web dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: Biro Informasi Akademik Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (105kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Implementasi dari teknologi self-service dan internet telah menambah kenyamanan dalam menggunakan layanan informasi yang dapat diakses selama 24 jam. Di Universitas Multimedia Nusantara, untuk mendapatkan dokumen mahasiswa, diperlukan untuk melakukan request melalui Student Service dan menunggu beberapa hari untuk mendapatkan dokumen tersebut. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan membangun sistem Self-Service Document Printing Kiosk untuk memudahkan mahasiswa melakukan cetak dokumen tanpa perlu menunggu proses pembuatan dokumen oleh Student Service. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Rapid Application Development dan terdapat beberapa fitur yang berhasil dikembangkan, yaitu mencetak dokumen Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Transkrip Sementara, Surat Keterangan Mahasiswa Aktif, Surat Keterangan Selesai Sidang TA/Skripsi, serta Surat Keterangan Lulus pada sistem sisi mahasiswa, dan monitoring cetak dokumen, master dokumen, master tanda tangan, master nomor surat, dan update jumlah kertas pada sistem sisi admin. Tingkat penerimaan pengguna bedasarkan teori Technology Acceptance Model terhadap sistem yang dibangun adalah perceived ease of use pengguna mahasiswa sebesar 88,002%, perceived usefulness pengguna mahasiswa sebesar 87,732%, perceived ease of use pengguna staff sebesar 86,40%, dan perceived usefulness pengguna staff sebesar 94,40%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cetak Dokumen, Kiosk, Rapid Application Development, SelfService, Technology Acceptance Model
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:20
Last Modified: 08 Aug 2023 03:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item