Implementasi Markerless Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Nama Binatang Berbasis Ios

Kevin, Kevin (2020) Implementasi Markerless Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Nama Binatang Berbasis Ios. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Di zaman modern ini, tentu banyak hal yang mengalami kemajuan, termasuk dalam hal belajar mengajar. Anak-anak yang berumur 1 hingga 5 tahun merupakan umur yang tepat untuk mempelajari hal baru, di karenakan anak memiliki photographic memory, dimana anak bisa mengingat sebuah gambar dari memori dengan melihat sekali saja, dan mengenali binatang merupakan salah satu cara untuk anak belajar. Aplikasi pengenalan nama binatang ini dibangun dengan menggunakan Augmented Reality, sebuah teknologi yang memungkinkan untuk memunculkan 3D Object ke dunia asli dalam layar device. Aplikasi ini juga memungkinkan anak untuk mendengarkan pelafalan nama binatang tersebut dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dengan menggunakan AVSpeechSynthesizer. Aplikasi ini telah di evaluasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan kuesioner di isi oleh orang tua dari anak. Dari hasil kuesioner tersebut, di dapatkan 87.4% pengguna sangat setuju bahwa aplikasi pengenalan nama binatang ini dapat meningkatkan kinerja orang tua dalam mengajari anak nama binatang (Perceived Usefulness), dan 87.73% pengguna sangat setuju bahwa aplikasi pengenalan nama binatang ini dapat digunakan dengan mudah (Perceived Ease Of Use).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: 3D Object, Augmented Reality (AR), AVSpeechSynthesizer, iOS, Pengenalan Nama Binatang
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 15:29
Last Modified: 16 Aug 2023 01:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item