Persepsi Generasi Milenial di Jabodetabek dalam Mengakses Berita Clickbait Tentang Virus Corona di Media Daring

Wahyudy, Oren (2020) Persepsi Generasi Milenial di Jabodetabek dalam Mengakses Berita Clickbait Tentang Virus Corona di Media Daring. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (274kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Manusia memiliki kebutuhan selama hidupnya, salah satunya kebutuhan akan informasi. Mereka akan terus mencari informasi untuk membekali diri. Media daring merupakan tempat paling cepat dan mudah untuk mencari informasi, selain itu juga ada banyak media daring sehingga mudah ditemukan. Banyaknya media ini membuat para pemilik bersaing demi menjadi media dengan kunjungan terbanyak. Hal ini agar media tetap eksis dan mendapat keuntungan dari pengiklan. Media akhirnya menggunakan clickbait sebagai cara untuk mendapatkan angka kunjungan tersebut. Penggunaan clickbait cenderung melencengkan judul dengan konten, sehingga seharusnya tidak dilakukan karena dapat menimbulkan persepsi yang salah. Seharusnya konten berita di media memberikan informasi bukan membuat bingung atau salah persepsi. Akhirnya banyak dampak buruk bagi pembacanya karena salah paham dengan clickbait yang mereka gunakan, ini terjadi jika pembaca tidak berpikir kritis. Meski begitu ternyata clickbait tetap banyak pembacanya. Tujuan penelitian ini untuk melihat persepsi para milenial dan dampak mengakses clickbait tentang virus Corona. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Melihat bagaimana kejadian ini dipandang dari generasi milenial. Generasi milenial dipersempit di daerah Jabodetabek sehingga lebih fokus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi khalayak milenial terhadap kasus ini beragam, hal ini didasari dengan pengetahuan dan pengalaman mereka. Dampak yang terjadi dari mengakses berita clickbait tentang virus Corona juga beragam. Kesimpulannya bahwa semua informan tidak setuju dengan berita clickbait tentang virus Corona. Membaca berita clickbait dapat membuat mereka salah persepsi akan suatu berita. Semua informan mendapatkan pengetahuan karena mengetahui informasinya, namun jika tidak teliti dibaca akan keliru, dampak sikap yang mereka rasakan menjadi kesal, dan dampak perilaku mereka adalah untuk lebih berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Clickbait, Media Daring, Milenial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:54
Last Modified: 21 Jun 2023 03:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item