Perbedaan Tingkat Pemahaman Berita Teks dan Berita Infografis di Tirto.id pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Dwi Achyarini, Alya (2020) Perbedaan Tingkat Pemahaman Berita Teks dan Berita Infografis di Tirto.id pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (934kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (905kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (742kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tirto.id di situsnya menggunakan teks, foto, video, dan infografis dalam menyampaikan berita. Namun pada akun Instagram Tirto, infografis diunggah tanpa adanya berita teks. Padahal infografis memiliki peran sebagai pelengkap berita teks karena dalam proses pembuatannya, ada beberapa informasi yang disaring atau diringkas. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa infografis mampu memudahkan pembaca dalam memahami pesan. Meski begitu, belum jelas apakah pemahaman yang diberikan infografis dan berita teks berada pada tingkat yang sama. Terdapat 5 tingkat pemahaman terhadap bacaan, diawali dari pemahaman literal, reorganisasi, pengambilan keputusan, penilaian, dan penghargaan. Pemahaman membaca merupakan salah satu unsur dalam dampak kognitif (pengetahuan) dari sebuah proses komunikasi. Sedangkan aspek kognitif merupakan dasar dalam pembentukan sikap seseorang. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu perbedaan tingkat pemahaman membaca berita teks dan berita infografis di Tirto.id pada mahasiswa di Universitas Multimedia Nusantara. Penelitian menggunakan metode eksperimen yang dilakukan terhadap 30 mahasiswa melalui video call yang terbagi ke dalam dua kelompok. Selanjutnya, data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji T. Berdasarkan nilai rataratanya terdapat perbedaan antara kedua kelompok. Kelompok berita teks mendapatkan nilai rata-rata 3,17, sedangkan kelompok berita infografis mendapatkan nilai rata-rata 3,06. Namun, perhitungan statistik menunjukkan nilai signifikansi 0,455. Sehingga, hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat pemahaman berita teks dan berita infografis di Tirto.id pada mahasiswa di Universitas Multimedia Nusantara.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Jurnalisme Visual, Tingkat Pemahaman, Infografis, Berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.172 Newspapers
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:30
Last Modified: 15 Jun 2023 02:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item