Gnesia Yobella, Diona (2021) Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Sikap Terhadap Perilaku untuk Menggunakan Platform Belajar Online IndonesiaX di Indonesia: Telaah pada Platform Belajar Online IndonesiaX. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Berbicara mengenai perkembangan teknologi, sudah tidak heran jika perkembangannya mengalami peningkatan setiap harinya yang diikuti dengan pertumbuhan pengguna internet. Perkembangan teknologi di Indonesia sangat berpengaruh pada berbagai aspek, salah satunya pendidikan. Saat ini, teknologi memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar. Wabah COVID-19 yang saat ini masih terus merebak di Indonesia juga menjadi salah satu faktor pendukung diadakannya belajar jarak jauh. Mulai dari sekolah hingga kursus pun dilaksanakan jarak jauh melalui berbagai macam platform online. Salah satu platform belajar jarak jauh yang ada di Indonesia yaitu IndonesiaX. IndonesiaX masuk kedalam kategori industri Massive Open Online Course (MOOC). Namun, IndonesiaX mengalami penurunan traffic selama beberapa bulan terakhir. Dari keterangan diatas, peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan platform belajar online di Indonesia secara khusus IndonesiaX. Terdapat 5 hipotesis dalam model teoritis pada penelitian ini yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Peneliti melakukan uji terhadap 138 data responden yang mengetahui dan pernah atau sedang menggunakan platform belajar online IndonesiaX dalam 3 bulan terakhir. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif antara Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness dan Attitude juga terdapat hubungan positif antara Attitude terhadap Behavioral Intention to Use.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude, Behavioral Intention to Use, IndonesiaX |
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Schools and their activities, special education |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 22:46 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16028 |
Actions (login required)
View Item |