Fadila Laksana, Putrinda (2021) Pengaruh Hashtag Media Sosial #TukarBaju Terhadap Sikap Dukungan pada Slow Fashion. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Fesyen menjadi salah satu bagian dari kebutuhan masyarakat. Kehadiran fesyen cepat menjadi penyumbang polusi terbesar yang berbahaya pada lingkungan. Melihat persoalan ini, akun media sosial Instagram Zero Waste Indonesia (@zerowaste.id_official) membuat kampanye hashtag #Tukarbaju. Tujuan adanya #Tukarbaju untuk memberikan pesan melalui hashtag media sosial kepada masyarakat bahwa jenis sampah tidak hanya plastik saja. Konsep penelitian ini menggunakan digital campaign, hashtag Instagram, dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Populasi pada followers akun Instagram @Tukarbaju_ dengan mengambil sampel responden sebanyak 300 secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form melalui Direct Message. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hashtag media sosial terhadap sikap sebesar 47,5%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Digital campaign, Instagram, Hashtag, Sikap, #Tukarbaju |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:24 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 07:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16304 |
Actions (login required)
View Item |