Andani Sucietra, Stacia (2021) Analisis Pengaruh Environmental Awareness dengan Model Theory of Planned Behavior, Perceived Quality, dan Self-Image terhadap Minat Pembelian Motor Listrik Gesits: Telaah pada Calon Pembeli Motor Listrik Gesits. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Saat ini, peningkatan penggunaan kendaraan pribadi, terutama motor terus meningkat di Indonesia dimana membuat emisi di Indonesia terus meningkat sehingga menyebabkan penyakit-penyakit pernafasan terus meningkat dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat polusi yang tinggi. Dalam permasalahan ini, solusinya adalah menggunakan kendaraan yang tidak menghasilkan polusi, seperti motor listrik Gesits. Namun, antusias masyarakat tidak terlalu tinggi terhadap motor listrik ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah variabel environmental attitude, environmental subjective norms, perceived behavioral control towards environmentally responsible behavior perceived quality, dan self-image dapat berpengaruh pada purchase intention motor listrik Gesits. Penelitian ini adalah penelitian konklusif yang memiliki target responden orang yang mempunyai SIM C, peduli lingkungan, mengetahui motor listrik Gesits, mempunyai anggaran minimal Rp24.000.000 untuk membeli motor listrik dan belum memiliki motor listrik Gesits. Oleh karena itu, pengambilan sampel menggunakan teknik judgemental sampling dan menghasilkan 147 responden untuk dianalisis dengan multiple regression. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah variabel independen environmental attitude, environmental subjective norms, perceived quality, dan self-image berpengaruh pada purchase intention dari motor listrik Gesits dan menghasilkan bahwa self-image mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap minat beli. Namun, perceived behavioral control towards environmentally responsible behavior tidak memiliki pengaruh pada purchase intention. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat beberapa implikasi manajerial yang dapat dilakukan melalui konten media sosial, peningkatan mutu layanan, dan ide konsep event sebagai implikasi-implikasi dari masing-masing variabel yang berpengaruh purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | theory of planned behavior, electric vehicle, Gesits, motor listrik |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology (Incl. Individual, Evolutionary, Environmental and Sex Psychology) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 16:32 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 03:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16890 |
Actions (login required)
View Item |