Jingga, Jefriandy (2021) Analisis Pengaruh Price Benefit, Service Benefit, Trust in Service, Perceived Risk, App Interaction, dan Staff Interaction Terhadap Usage Intention: Telaah pada Calon Pengguna Layanan Tiket.Com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan di era digital semakin cepat, sehingga mendorong perubahan yang sangat signifikan dalam menyesuaikan gaya hidup masayarakat sehari-hari yang serba cepat dan praktis. Perkembangan teknologi yang semakin maju juga meningkatkan pertumbuhan e-commerce yang menjadi platform dalam melakukan transaksi secara online. Sektor e-commerce dan pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat di Indonesia. Hal ini mendorong industri pariwisata juga ikut beralih ke digital menjadi Online Travel Agency (OTA). Tiket.com sebagai e-commerce yang menjadi penyedia jasa kebutuhan perjalanan secara online belum menjadi pilihan utama dan niat penggunaan dimasa depan juga masih sangat rendah jika dibandingkan dengan kompetitornya, ditambah adanya pandemi covid-19 yang membuat penurunan penjualan yang sangat drastis. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah price benefit, service benefit, trust in service, perceived risk, app interaction dan staff interaction memiliki pengaruh terhadap usage intention telaah pada aplikasi tiket.com. Penelitian ini menggunakan tujuh hipotesis yang diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM), dimana sampel pada penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan kuesioner terhadap 140 orang secara online. Kriteria responder pada penelitian ini adalah pria dan wanita yang berusia minimal 18 tahun, yang mengetahui aplikasi tiket.com, pernah mengoperasikan aplikasi tiket.com, namun belum pernah melakukan pembelian di tiket.com. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menunjukkan bahwa price benefit, app interaction dan staff interaction memiliki pegaruh terhadap usage intention. Selain itu, ditemukan bahwa trust in service memiliki pengaruh negatif terhadap perceived risk
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | price benefit, service benefit, trust in service, perceived risk, app interaction, staff interaction, usage intention |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 02:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17634 |
Actions (login required)
View Item |