Titany, Millenia (2021) Pengaruh Product Placement pada Tokopedia X BTS: Interview di #TokopediaWIB TV Show terhadap Brand Awareness Indomilk Rasa Pisang di Kalangan Penggemar BTS. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pada era digital ini, brand perlu menggunakan cara kreatif yang baru untuk memasarkan produknya agar dikenal oleh audiensnya. Sekarang ini ada banyak strategi marketing yang bisa digunakan dalam memasarkan produknya, melihat perkembangan era digital sekarang strategi yang digunakan tidak hanya sekedar iklan di televisi saja. Keefektifan iklan di televisi yang mulai menurun karena dianggap terlalu hard selling, mau tidak mau cara harus ada adaptasi strategi marketing yang baru. Salah satu yang bisa digunakan adalah product placement, strategi ini merupakan kegiatan yang menempatkan atau menyisipkan brand melalui tv show ataupun medium lainnya. Strategi ini dianggap efektif karena bersifat tidak langsung dalam memasarkan produknya. Melalui teknik ini, brand tidak akan sepenuhnya mengambil perhatian penuh dari audiens karena penempatan produk haruslah natural. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada pengaruh product placement (variabel X) Indomilk rasa pisang pada Interview BTS di #TokopediaWIB TV Show terhadap brand awareness (variabel Y) di kalangan penggemar BTS. Penelitian ini bersifat eksplanatif yang bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari kegiatan product placement yang dilakukan Indomilk pada Interview BTS di #TokopediaWIB TV Show terhadap brand awareness di kalangan penggemar BTS. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara online. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh product placement terhadap brand awareness Indomilk rasa pisang adalah sebesar 22,3%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Product Placement, Brand Awareness, TV Show, BTS, Indomilk |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.01 Factors of Production 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:37 |
Last Modified: | 11 May 2023 07:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17892 |
Actions (login required)
View Item |