Pengembangan identitas diri penggemar K-pop (Studi kasus pada pola komunikasi SHCJ Indonesia)

Riso, Nadia Jovita Injilia (2016) Pengembangan identitas diri penggemar K-pop (Studi kasus pada pola komunikasi SHCJ Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

K-Pop merupakan genre musik yang popularitasnya sangat luas sampai ke seluruh dunia. Para penggemar sangat dimanjakan oleh grup-grup dan penyanyi asal Korea Selatan lewat lagu, koreografi, cara berpakaian, dan make up. Popularitas grup dan penyanyi asal Korea Selatan tersebut juga membuat munculnya komunitas K-Pop di Indonesia dengan tujuan sebagai wadah untuk menyebarkan dan membagi informasi idola kesayangan mereka. Perkembangan media sosial juga berpengaruh terhadap kebutuhan penggemar untuk mendapatkan informasi mengenai idola mereka dengan cepat. Twitter merupakan salah satu sosial media yang sering digunakan oleh penggemar K-Pop tidak hanya untuk mendapatkan informasi idola mereka, tetapi juga wadah untuk berinteraksi dengan sesama penggemar yang ada di seluruh dunia. Judul skripsi ini adalah “Pembentukan Identitas Diri Penggemar K-Pop di Twitter. Studi Kasus pada Komunitas SHCJ Indonesia”. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana penggemar K-Pop yang memiliki akun di Twitter membentuk identitas diri mereka sebagai seorang penggemar suatu grup tertentu, yang dalam hal ini adalah penggemar grup Shinhwa. Penelitian ini melihat bagaimana interaksi, pemakaian istilah yang ada dalam sebuah komunitas, dan juga profil akun setiap penggemar berpengaruh terhadap pembentukan identitas mereka sebagai penggemar Shinhwa lewat akun Twitter mereka. Metodologi yang digunakan untuk penelitian ini adalah Studi Kasus dan model deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan wawancara dan observasi akun Twitter para informan. Teori yang dipakai untuk menunjang topik ini adalah Identitas Diri dan Interaksi Simbolik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa mereka membuka diri mereka sebagai penggemar Shinhwa. Hal ini terlihat dari open self mereka, yaitu bagaimana mereka dan orang lain mengetahui identitas diri mereka, pemakaian istilah-istilah khusus, dan profil akun Twitter mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jun 2017 03:08
Last Modified: 21 Oct 2022 08:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item