Dhaneswara, Reyhan (2021) Strategi Event Management dalam Menyelenggarakan Virtual Event di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus EO Friends Entertainment dalam Menyelenggarakan Semarak Kampung Berseri Astra 2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pandemi COVID-19 yang terjadi pada tahun 2020 memberikan dampak negatif kepada seluruh industri, salah satu industri yang terkena dampak paling besar adalah event. Dengan adanya kebijakan social distancing yang dikeluarkan pemerintah sebagai protokol kesehatan tidak memungkinkan adanya kegiatan massal, sehingga para pelaku di industri event yaitu event organizer harus beradaptasi dengan cara mengubah event mereka menjadi berbasis virtual. Salah satu event organizer yang melakukan hal tersebut adalah Friends Entertainment. Friends Entertainment menyelenggarakan virtual event Semarak Kampung Berseri Astra 2020 sebagai bentuk adaptasi yang mereka lakukan terhadap kondisi yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi event management Friends Entertainment dalam menyelenggarakan virtual event Semarak Kampung Berseri Astra 2020 dengan analisis yang merujuk pada teori tahapan special event yang dikemukakan oleh Goldblatt. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah post-positivis, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitiatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan rekaman, teknik keabsahan data yang digunakan adalah validitas konstruk dan teknik analisis data yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Friends Entertainment menggunakan strategi event management dimulai dari research, design, planning, coordinating, dan evaluation dalam menyelenggarakan virtual event Semarak Kampung Berseri Astra 2020. Tujuan dari virtual event tersebut adalah untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia bersama kampung binaan Astra.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Goldblatt, virtual event, event management, COVID-19 |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 08:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 05:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18135 |
Actions (login required)
View Item |