Rachma, Riyanti (2021) Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perceived Value serta Implikasinya terhadap Purchase Intention: Telaah pada Motor Bebek Honda. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Jenis kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu sepeda motor. Faktor yang mendukung masyarakat dalam menggunakan kendaraan sepeda motor yaitu dikarenakan harga pada kendaraan mobil yang cukup terbilang mahal dan lalu lintas yang semakin padat. Akibatnya, telah terjadi pembengkakan yang cukup signifikan pada jumlah kendaraan sepeda motor. Kendaraan sepeda motor memiliki 3 tipe yaitu Underbones/ Cub (bebek), Sport, dan Scooter. Tipe Scooter telah mendominasi pasar di setiap tahunnya. Berbeda dengan kedua tipe lainnya yang sudah mulai terus mengalami penurunan. Akan tetapi, perusahaan sepeda motor tetap mempertahankan kedua tipe tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan variabel Perceived Usefulness, Perceived Risk, Perceived Price, dan Perceived Value yang dapat mempengaruhi Purchase Intention konsumen terhadap Motor Bebek Honda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equational Model (SEM) dengan melibatkan 123 responden yang telah lulus screening dengan ketentuan penelitian yaitu responden yang mengetahui motor bebek Honda, pernah mengandarai motor bebek Honda, pernah menggunakan motor matic, akan tetapi belum pernah melakukan pembelian pada motor bebek Honda sebelumnya. Berdasarkan hasil data penelitian yang telah diolah, penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Usefulness memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Value, Perceived Risk memiliki pengaruh negatif terhadap Perceived Value, dan Perceived Value memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention. Namun terdapat satu hipotesis yang tidak memiliki hubungan antara variabel Perceived Price terhadap Perceived Value.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Motor Bebek Honda, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Perceived Price, Perceived Value, dan Purchase Intention |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.81 Sales Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 01:39 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18146 |
Actions (login required)
View Item |